Pelatihan Pengamanan Sistem Informasi di Pusinfolahta TNI

Pelatihan Pengamanan Sistem Informasi di Pusinfolahta TNI Pada era globalisasi saat ini, informasi dan sistem informasi menjadi hal yang sangat penting dalam kehidupan berbangsa dan bernegara. Sering kita mendengar pencurian informasi yang sangat rahasia dan penting dilakukan oleh pihak-pihak yang tidak bertanggung jawab untuk menghancurkan suatu organisasi, perusahaan bahkan negara. Oleh karena itu, informasi yang sangat rahasia dan penting harus dapat dilindungi dari ancaman dan serangan pihak-pihak lain.

Tentara Nasional Indonesia (TNI) sebagai sebuah organisasi dan lembaga negara yang mempunyai banyak informasi yang sangat rahasia dan penting tentu harus memiliki pengetahuan yang cukup bagaimana caranya melindungi dan mengamankan informasi yang dimiliki. Untuk memberikan pengetahuan dan cara-cara mengamankan sistem informasi, Pusinfolahta TNI sebagai bagian yang bertanggungjawab terhadap setiap informasi dan data yang dimiliki TNI menggandeng NF COMPUTER menyelenggarakan pelatihan pengamanan sistem informasi (Pamsisfo).

Pelatihan Pamsisfo ini dilaksanakan di Gedung Jendral Besar A.H. Nasution Mabes TNI Cilangkap selama 22 hari kerja yaitu mulai dari tanggal 22 April sampai dengan 25 Mei 2015. Pelatihan diikuti oleh 25 orang peserta yang berasal dari anggota TNI dan PNS di lingkungan Mabes TNI dan Kodam dari seluruh Indonesia. Materi yang diajarkan pada pelatihan kali ini meliputi seluruh aspek yang berkaitan dengan pengamanan sistem informasi, diantaranya dasar keamanan sistem informasi, kriptografi, kebijakan dan prosedur, keamanan fisik, keamanan jaringan, keamanan komputer, keamanan aplikasi dan keamanan perangkat. Materi disampaikan secara sistematis oleh instruktur-instruktur yang berpengalaman dari NF Computer STT-NF yaitu Henry Saptono, S.Si, M.Kom, Efrizal Zaida, S.Kom, M.M., M.Kom dan Toto Harjendro, S.Kom.

Untuk menambah wawasan, peserta pelatihan juga diajak untuk mengunjungi kantor datacomm, salah satu perusahaan penyedia layanan teknologi jaringan yang berlokasi di Grha Datacomm Jl. Kapten Tendean. Di sana peserta mendapatkan penjelasan tentang bagaimana caranya mengamankan server-server yang disimpan di data center dari serangan-serangan dari pihak luar. Peserta juga diberikan kesempatan untuk melihat-lihat ruangan yang ada di data center mereka.

Pelatihan diakhiri dengan sesi foto bersama dan apel penutupan yang dilaksanakan di Lantai 1 Gedung Jendral A.H. Nasution sekaligus diumumkan peserta terbaik yaitu Mayor (Sus) Ika Kusumawati, S.Kom.