Pelatihan Manajemen Jaringan Komputer di Pusinfolahta TNI

Pusinfolahta TNI bekerja sama dengan NF Computer STT Terpadu Nurul Fikri menyelenggarakan pelatihan dengan materi Manajemen Jaringan Komputer di kantor Pusinfolahta, Gedung Jendral Besar A.H. Nasution Mabes TNI Cilangkap, selama 40 hari kerja dari 30 Maret hingga 26 Mei 2016. Pelatihan diikuti oleh 20 orang peserta yang berasal dari anggota TNI dan PNS di lingkungan Mabes TNI dan Angkatan.

 Materi yang diajarkan pada pelatihan kali ini meliputi seluruh aspek yang berkaitan dengan manajemen jaringan komputer, mulai dari pengantar jaringan, TCP/IP, perangkat router Cisco dan Mikrotik, layanan jaringan dengan Linux, dasar keamanan sistem informasi, kriptografi, kebijakan dan prosedur, keamanan fisik, keamanan jaringan, keamanan komputer, keamanan aplikasi dan keamanan perangkat. Materi disampaikan secara sistematis dan terstruktur oleh instruktur-instruktur yang berpengalaman dari NF Computer STT-NF yaitu Henry Saptono, S.Si, M.Kom, Dudi Fitriahadi, A.Md, Yuliadi, A.Md dan Wahyu Januar Alfian, A.Md.

Untuk memberikan perbandingan materi yang sudah didapatkan di kelas dengan kondisi sesungguhnya di dunia nyata, peserta pelatihan juga diajak untuk melakukan kunjungan ke salah satu perusahaan penyedia layanan teknologi jaringan yaitu PT Datacomm Diangraha yang berlokasi di Grha Datacomm Jl. Kapten Tendean No. 18A Jakarta. Dalam kunjungan tersebut peserta mendapatkan pemaparan dari Bapak Rachman Ramdani, Consultant Engineer Network Enterprise, tentang pengetahuan dasar infrastruktur jaringan dan Bapak Azwar Al Anhar, IT Security Analyst, yang memaparkan materi network security fundamental. Peserta juga diberikan kesempatan untuk melihat-lihat infrastruktur jaringan, ruangan Network Operation Center (NOC), dan server-server yang ada di data center PT Datacomm Diangraha.

Pelatihan diakhiri dengan upacara penutupan yang dilaksanakan di Lantai 1 Gedung Jendral A.H. Nasution dipimpin langsung oleh Kapusinfolahta TNI Marsma TNI Hadi Suwito, S.E.  Pada upacara penutupan tersebut juga diumumkan peserta terbaik yaitu Mayor Lek Bambang Brades, S.Kom.  (DF)