Pelatihan Jaringan Dasar

Training Jaringan DasarPelatihan  Jaringan Dasar – Diskominfo (Dinas Komunikasi dan Informatika) Kota  Depok bekerja sama dengan NF COMPUTER menyelenggarakan kegiatan pelatihan peningkatan kompentensi SDM dengan materi jaringan komputer dasar di kantor Diskominfo Depok, 18-19 Juli 2016 selama 12 jam. Pelatihan ini diikuti oleh 10 orang pegawai di lingkungan Diskominfo Kota Depok.

Pada hari pertama diadakan pre-test untuk mengetahui kompetensi dasar peserta pelatihan. Materi pelatihan meliputi konsep dasar jaringan komputer berbasis kabel dan wireless LAN, antara lain  pengantar jaringan LAN, TCP/IP, perangkat jaringan, cramping kabel UTP, subnetting, teknologi wireless, channel wireless, dan setting wireless pada perangkat Access Point.

Pelatihan Jaringan Dasar

“Pelatihan ini sangat membantu saya dalam teknik memecah suatu jaringan atau network dan alokasi IP address agar lebih efisian dengan subnetting,” tutur salah satu peserta yang bertugas sebagai admin jaringan di RSUD Depok. Materi pelatihan ini disampaikan oleh instruktur NF COMPUTER  Wahyu Januar,  A.Md.

Di akhir pelatihan pada hari kedua dilakukan post-test, untuk mengevaluasi seberapa hasil peserta dalam memahami atau menyerap ilmu dari pelatihan tersebut.   Peserta jaringan dasar dan wireless ini akan melanjutkan ikut pelatihan dengan materi jaringan lanjutan yang mencakup antara lain Linux Complete, yakni Dasar-dasar sistem operasi Linux, Linux System Administration, dan Linux Networking, serta Linux Security. (WJA)

Untuk Diketahui:

  • “Di masa mendatang, penggunaan Open Source Software harus lebih diterapkan; karena dari segi biaya, jauh lebih murah dibandingkan software import. Dan dari segi kehandalan, juga jauh lebih baik” (Menkominfo – pada deklarasi IGOS 2004)
  • “Mahir di Linux, berarti Anda sudah bisa menguasai Ms. Windows. Tetapi menguasai Ms. Windows, Anda belum tentu bisa menguasi Linux”. (Rusmanto, Pemred InfoLINUX)