Paket Training Linux Profesional untuk Admin Sistem & Jaringan

Anda tentu tidak asing lagi dengan yang namanya Linux. Sejak pertama kali dikenalkan oleh Linus Torvalds mahasiswa Universitas Helsinki Finlandia pada 1991, Linux telah digunakan di berbagai jenis perangkat keras dari sistem benam (embedded system) hingga superkomputer. Linux yang awalnya untuk komputer personal (desktop) telah berkembang menjadi sistem operasi untuk jaringan (server), komputer tablet, dan telepon cerdas (smartphone).

Kenapa Linux bisa berkembang dengan cepat? Linux merupakan sistem operasi yang bersifat terbuka (open source) sehingga banyak pengembangnya, multi user, dan multi tasking, serta dapat berjalan di berbagai platform prosesor seperti Intel, Amd, Arm, dan lain-lain.

Linux handal untuk jaringan dan server? Yup, Linux merupakan sistem operasi keluarga UNIX yang lengkap, bisa digunakan untuk jaringan, pengembangan software, dan aplikasi sehari-hari. Linux telah mempunyai posisi yang aman dalam instalasi server web dengan aplikasi LAMP-nya yang populer. Sampai ada yang mengatakan, seorang administrator jaringan belum lengkap skill-nya jika tidak bisa mengadminstrasi server berbasis Linux.

Bagaimana cara menguasai Linux sebagai sistem operasi jaringan dan server? NF Computer (Nurul Fikri Computer) menyediakan paket training lengkap untuk menjadi seorang administrator yang handal dengan Linux. Paket training tersebut diberi nama Linux Profesional (LPro). Peserta training Linux Profesional ini peserta training akan diberikan materi mulai dari dasar (Linux Basic), menengah (Linux System Adminstration and Networking), sampai dengan materi tingkat lanjut (Linux Security).

Paket Training Linux Profesional untuk Admin Sistem & Jaringan

Durasi belajar selama 52 jam yang dilaksanakan dalam 13 kali pertemuan. Jika waktu training weekday (hari kerja) memerlukan waktu sekitar 3 minggu. Jika dilaksanakan hanya pada weekend (sabtu/minggu) paling tidak harus menyisihkan waktu sekitar 3,5 bulan. Detil materi training dapat dilihat dalam tabel berikut:

No. Paket Materi Durasi
1 Linux Basic Pengantar Linux, instalasi Linux, mengakses sistem Linux, mengenal file dan struktur direktori Linux, menggunakan perintah-perintah dasar Linux, mengunakan editor teks Vi, dan bekerja dalam lingkungan grafis X-Window. 12 Jam
2 Linux Sys Admin and Networking Proses boot dan run level, manajemen user dan group, manajemen software, pengantar dan konfigurasi jaringan, konfigurasi layanan jaringan dns, web, email, samba, dan proxy. 20 Jam
3 Linux Security Pengantar kemanan dalam sistem komputer, penggunaan boot security, mengenal general Linux security, konsep cryptography, konsep root jail, server security, VPN, dan firewall. 20 Jam