Mengenal PHP Framework Laravel

Mengenal PHP Framework Laravel

Membangun berbagai macam fitur untuk sebuah website lumayan memakan waktu, terlebih jika kita membangunnya sendiri dari nol. Banyak fitur yang akan dipergunakan berulang kali seperti session, abstraksi database, penanganan cookie, dan sebagainya. Tentu saja merepotkan jika harus membuat ulang kembali code-code tersebut untuk berbagai macam proyek website yang berbeda. Biasanya pengembang web akan memburu banyak code dan library dari pihak ketiga.
Terkadang code-code yang bersifat umum seperti itu juga sudah tertanam dan dimiliki oleh sebuah framework, sehingga akan lebih mudah untuk digunakan daripada harus membangunnya dari awal ataupun mencari-cari baris code dari pihak ketiga layakanya jika kita mengembangkan aplikasi murni dari PHP. Untuk itulah kenapa seorang programmer PHP harus bisa menguasai framework. Banyak framework PHP yang sekarang ini dipergunakan dalam pengembangan web site atau aplikasi berbasis web. Salah satu framework PHP yang sedang tren/diminati saat ini adalah Laravel.

Menurut tulisan akun “kursuswebdesign” di Kompasiana.com, ada beberapa kelebihan PHP Framework Laravel, antara lain:

Tampilan Sintak Lebih Artisti
Berbagai sintaks pada Laravel tersaji dengan sangat artistik, laravel memperhatikan dengan betul tampilan sintaks yang digunakan, sehingga bukan hanya terlihat lebih rapi juga lebih indah dipandang.

Blade Tamplating
Blade templating akan membantu developer dalam membuat template yang lebih terstruktur serta dinamis, yaitu dengan cara memotong struktur pada template agar lebih mudah dalam pengembangan.

Sintak Mudah Dipahami
Selama menggunakan Laravel maka akan dipastikan kita tidak akan merasa kesulitan ketika harus membaca sintaks. Mamahami sintaks pada beberapa framework yang biasanya akan terasa sulit tidak berlaku pada Laravel. Penggunaan bahasa untuk pengoperasiaannya tergolong mudah untuk dipahami dan juga singkat. Kondisi ini akan lebih memudahkan para programmer dalam menggunakan sintaks meski pada awalnya termasuk yang belum pernah menggunakannya.

Dilengkapi dengan Aplikasi Eloquent ORM
Aplikasi Eloquent ORM akan Aplikasi Eloquent ORM akan melakukan penyederhanaan proses query ke database, sehingga SQL query sama sekali tidak akan digunakan. Terdengar sangat praktis bukan? Hal ini berlaku ketika kita akan mengambil semua data pada tabel users.

Mempunyai Dokumentasi yang Lengkap.
Laravel merupakan salah satu Framework PHP yang dirancanng dengan dokumentasi yang sangat lengkap, sehingga membuatnya lebih mudah ketika digunakan.

Composer yang Sangat Lengkap
Programmer pastinya sudah tidak asing lagi dengan package manager bagi PHP yang satu ini. Laravel didukung dengan composer yang sangat support, penggunaannya pun sangat mudah untuk diaplikasikan. Composer ini akan secara otomatis menginstall library yang dibutuhkan tanpa harus mendownload library atau fitur baru bagi aplikasi yang sedang dibuat. Sehingga proses mengupdate aplikasi pun akan lebih mudah dilakukan.

Menggunakan Kosep Model View Controller (MVC)
Laravel merupakan framework yang menerapkan penggunaan konsep MVC pada struktur aplikasi yang akan dibangun. Penggunaan konsep MVC ini sangat diperlukan untuk menghasilkan kode program yang lebih bersih dan juga terstruktur tertutama bagi pengembangan aplikasi dengan skala yang besar. Hal ini sangat berguna ketika akan melakukan update.
Framework Laravel ini bisa dipelajari dengan bimbingan NF Computer  (NF Computer) dengan durasi training 28 jam. Model kelas ada 3 pilihan yaitu Public Training dengan minimal jumlah peserta 6 orang, Exclusive Training dengan peserta minimal 2 orang secara full day training selama 4 hari kerja (weekday), dan Inhouse Training dengan peserta maksimal 10 orang per group dari satu institusi atau perusahaan. Kelebihan inhouse training dibanding 2 model kelas yang lain adalah waktu dan lokasi pelaksanaan sesuai dengan kesepakatan. (YTN)

*) Referensi: www.kompasiana.com