Melatih Petugas Puskesmas se-Kota Depok


Melatih Petugas Puskesmas se-Kota Depok NF COMPUTER kembali mendapat kepercayaan dari Dinas Kesehatan Pemerintah Kota Depok untuk melatih 24 petugas Puskesmas se-Kota Depok. Pelatihan bertema “Skill Dasar menggunakan MS Office” adalah kegiatan yang diselenggarakan selama tiga hari pada tanggal 22-24 Oktober 2014 bertempat di Kampus A NF COMPUTER Ini adalah kerjasama ketiga setelah pada tahun 2012 dan 2013 terlaksana dengan baik, berupa pelatihan materi Web Design Interactive serta Pengenalan Internet dan Jaringan.

Dalam pembukaan acara pada Rabu (22/10), dr. Ani Rubiani, M.Kes selaku Sekretaris Dinas Kesehatan Kota Depok menyampaikan pentingnya setiap petugas Sistem Informasi Puskesmas (SIMPUS) untuk memiliki kompetensi dasar dalam melakukan administrasi pekerjaan di Puskesmas masing-masing. “Setiap petugas Simpus sudah harus meninggalkan cara kerja lama yang sifatnya konvensional ke arah penggunaan sistem informasi digital. Data pendaftaran masyarakat yang berobat ke Puskesmas harus dicatat menggunakan komputer agar terdokumentasi dengan baik hingga memudahkan dalam membuat laporan dan evaluasi,” ujar Dokter Ani.

“Di Kota Depok terdapat tidak kurang 35 Puskesmas yang tersebar di beberapa kecamatan. Tahun ini ditargetkan 20 Puskesmas dapat melakukan pelayanan kepada masyarakat dengan menggunakan komputer. Sisanya, 15 Puskesmas lagi akan dilanjutkan pada tahun depan sambil mempersiapkan infrastrukturnya. Peserta harus serius mengikuti pelatihan ini dari awal hingga akhir agar mutu pelayanan dan kerja kita semakin baik,” lanjut Ani Rubiani dalam sambutannya.

Ani berharap kerjasama yang sudah terjalin antara Dinkes dengan NF COMPUTER dapat berlanjut di tahun-tahun berikutnya, sebagaimana pada tahun sebelumnya NF COMPUTER telah sangat membantu peningkatan keterampilan tenaga SDM di lingkungan Dinas Kesehatan Kota Depok.

Turut memberi sambutan Direktur NF COMPUTER Drs. Mgs. Hendri, MM. Ia menyampaikan terimakasih kepada Dinas Kesehatan Kota Depok yang telah memberikan kepercayaan kepada NF COMPUTER.

“Dengan pengalaman lebih dari 20 tahun, NF COMPUTER telah berkontribusi dan dipercaya untuk memberi pelatihan pada kementerian-kementerian dan perusahaan swasta. Saat ini, alhamdulillah, NF COMPUTER yang awalnya berupa tempat kursus telah mendapat izin operasional dari Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan sebagai Sekolah Tinggi,” sambut Hendri.

“Kami berharap peserta dapat memanfaatkan kegiatan dengan sebak-baiknya. Tidak perlu malu dan ragu untuk menanyakan kepada trainer NF COMPUTER (Edi Wibowo dan Achmad Ilham) tentang contoh-contoh kasus yang dibutuhkan di tempat kerja, karena memang pelatihan ini dirancang dengan pendekatan studi kasus berdasarkan kebutuhan tiap instansi,” jelas Mgs Hendri. Sesi pembukaan ditutup oleh Rifat Syafii selaku Manager Operasional NF COMPUTER serta dilanjutkan pembagian kelompok menjadi dua kelas. Selanjutnya memasuki sesi praktikum di bawah bimbingan Edi Wibowo dan Achmad Ilham di laboratorium komputer.

Di dalam kelas semua peserta tampak antusias melahap materi demi materi yang disajikan instruktur secara interaktif. Tersedia 15 workshop studi kasus yang paling sering dijumpai di perkantoran untuk diselesaikan oleh peserta.

“Target dari pelatihan ini peserta mampu menyelesaikan pekerjaan sehari-hari menggunakan fitur yang disediakan MS Office mulai dari pembuatan aneka dokumen, surat-menyurat dalam beberapa format naskah, sampai dengan pembuatan laporan dalam bentuk tabel-tabel dengan perhitungan praktisnya,” ungkap Edi.

“Kami juga menargetkan semua peserta mampu menggunakan formula serta fungsi statistik dan database sederhana untuk menyelesaikan pekerjaan secara efektif dan efesien lengkap dengan cara menyajikannya dalam bentuk tampilan presentasi yang menarik,” papar Ilham memungkasi. (Rif)