NF Computer Mengikuti Diklat Peningkatan Mutu LKP

NF COMPUTER Mengikuti Diklat Peningkatan Mutu LKP Sejak tahun 2009, program kursus komputer yang diselenggarakan NF COMPUTER telah Terakreditasi oleh Badan Akreditasi Nasional (BAN-PNF). Itu artinya, seluruh kursus yang diselenggarakan NF COMPUTER, dinilai layak dan memenuhi standar pendidikan yang ditetapkan oleh pemerintah. Ada delapan standar pendidikan nasional sesuai Peraturan Pemerintah RI Nomor 32 Tahun 2013 tentang Perubahan atas Peraturan Pemerintah RI Nomor 19 Tahun 2005.

Delapan standar itu meliputi (1) Standar Kompetensi Lulusan atau SKL, yaitu kompetensi setiap materi pembelajaran yang diberikan, (2) Standar Isi yang mencakup Kurikulum, Silabus dan RPP atau SAP yang merupakan ruang lingkup materi ajar beserta tingkat kompetensinya, (3) Standar Proses, yaitu Perencanaan, Pelaksanaan, Pengawasan dan Penilaian Proses Pembelajaran yang diterapkan, (4) Standar Pendidik dan Tenaga Kependidikan yang telah memenuhi kualifikasi dan kompetensi sebagai Pendidik, Tenaga Kependidikan dan Penguji yang profesional di bidangnya, (5) Standar Sarana dan Prasarana, termasuk Sistem Informasi Manajemen LKP yang digunakan (6) Standar Pengelolaan, termasuk Kepemimpinan, adanya perencanaan, pelaksanaan dan pengawasan program serta Sistem Penjaminan Mutu dan Kelembagaan yang terjaga dengan baik, (7) Standar Pembiyaan yang tidak hanya mengandalkan dari peserta kursus, tetapi juga dari beberapa prestasi yang bisa diraih dan kerjasama dengan pihak lainnya dan ke-(8) adalah Standar Penilaian Pendidikan.

Tidak cukup puas hanya program yang sudah terakreditasi, NF COMPUTER saat ini mengajukan permohonan untuk Akreditasi Lembaga atau Satuan, yang mirip dengan akreditasi institusi bila dikaitkan dengan Perguruan Tinggi Formal. Di tengah-tengah sibuknya mempersiapkan semua dokumen terkait akreditasi lembaga itu, pada Kamis-Sabtu (19-21 Maret 2015) lalu, Direktur NF COMPUTER  mendapat undangan dari Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan melalui Direktorat Pembinaan Kursus dan Pelatihan untuk mengikuti Diklat Peningkatan Mutu LKP menuju Akreditasi Lembaga.

“Ada 50 LKP terpilih dari seluruh wilayah Indonesia yang berpenilaian kinerja A atau B, diikutsertakan dalam kegiatan ini. Yaitu, dari D.I. Aceh, Sumatera Utara, Sumatera Selatan, Bengkulu, Keppri, Lampung, Banten, Jawa Barat, DKI Jakarta, Jawa Tengah, D.I. Yogyakarta dan Sulawesi Utara,” ujar Drs. Mgs. Hendri, MM. NF COMPUTER terpilih mewakili Jawa Barat bersama 9 LKP lainnya untuk bisa mengikuti kegiatan tersebut.

Kegiatan Diklat diselenggarakan di Batu Tulis, Bogor. Sebuah tempat pertemuan yang nyaman bernuansa perbukitan nan asri. Letaknya, tidak begitu jauh dari kota Bogor.

Acara Diklat dibuka langsung Direktur Pembinaan LKP, Muslikh, S.H. Sebelumnya, Dr. Yusuf Muhyidin selaku penanggungjawab kegiatan memberikan laporan. Mulai dari tujuan diklat, keprihatinan akan banyaknya LKP yang belum terakreditasi, sampai jumlah peserta yang terpilih dalam kegiatan diklat. “Anda adalah pengelola LKP yang beruntung, karena pengajuan akreditasinya tidak hanya gratis, tetapi juga difasilitasi mulai dari persiapan dokumen sampai pada bimbingan teknis pengajuan akdeditasi lembaga. Jadi, jangan sia-siakan kesempatan yang baik ini,” jelas Yusuf Muhidin selaku Kasubdit Kelembagaan dan Kemitraan pada Direktorat Pembinaan LKP.

NF COMPUTER sangat merasakan manfaat diklat. Karena itu, usai kegiatan diklat, pada Selasa (24/3) langsung mengumpulkan tim NF COMPUTER guna memeriksa semua kelengkapan dokumen yang diperlukan dalam proses akreditasi lembaga. “Saat ini petugas teknis administrasi sudah memilah-milah dokumen untuk disiapkan oleh masing-masing penanggung jawab. Mulai dari dokumen terkait akademik, keuangan, sarana dan prasarana, serta yang terkait dengan manajemen,” ungkap Nanang Kuswana, A.Md selaku Manajer Akademik dan Sertifikasi NF COMPUTER.

Pekan depan, semua kelengkapan dokumen diharapkann tuntas dan siap dikirimkan ke BAN-PNF atau POKJA BAN-PNF Jawa Barat. Langkah cepat untuk meningkatkan mutu pelayanan NF COMPUTER, khususnya Unit NFCOMPUTER (Mgs)