Inhouse Training Jaringan Komputer di Pusinfolahta TNI

Inhouse Training Jaringan Komputer di Pusinfolahta TNI hampir seluruh aspek kehidupan manusia saat ini tidak dapat dilepaskan dari teknologi, khususnya teknologi komputer. Hal ini dapat dilihat dari penggunaan komputer yang semakin meluas.

Kemajuan teknologi komunikasi mempunyai pengaruh pada perkembangan pengolahan data. Data dari satu tempat dapat dikirim ke tempat lain dengan alat telekomunikasi. Pengiriman data melalui komputer dilakukan dengan menggunakan sistem transmisi elektronik, yang disebut dengan istilah komunikasi data (data communication). Dalam sistem komunikasi, istilah jaringan (network) digunakan bila paling sedikit dua atau lebih alat-alat dihubungkan satu dengan yang lainnya.

Jaringan komputer bukanlah sesuatu yang baru saat ini. Hampir di setiap perusahaan dan semua instansi pemerintah terdapat jaringan komputer untuk memperlancar arus informasi di dalam perusahaan tersebut. Internet yang mulai populer saat ini adalah suatu jaringan komputer raksasa yang merupakan jaringan komputer yang terhubung dan dapat saling berinteraksi. Hal ini dapat terjadi karena adanya perkembangan teknologi jaringan yang sangat pesat, sehingga dalam beberapa tahun saja jumlah pengguna jaringan komputer yang tergabung dalam internet berlipat ganda.

Pusinfolahta TNI merupakan salah satu bagian yang bertanggungjawab terhadap semua data dan infromasi di lingkungan TNI, menyelenggarakan pelatihan peningkatan kompetensi SDM untuk selalu meng-upgrade pengetahuan agar tidak tertinggal dengan perkembangan. Pelatihan Jaringan Komputer dilaksanakan selama 22 hari mulai dari tanggal 4 Maret 2015 sampai 2 April 2015. Materi pelatihan terdiri dari Network Fundamental, cisco, mikrotik, huawei dan Linux. Materi tersebut sesuai dengan tren teknologi jaringan yang sekarang berkembang. Pelatihan ini diikuti oleh 25 peserta dari perwakilan semua angkatan yang bertugas di Markas Besar TNI maupun di Kodam seluruh Indonesia. Pelatihan ini kerjasama antara Pusinfolahta TNI dengan PT Nurul Fikri Cipta Inovasi (NF COMPUTER).

Harapan Kepala Pusat Pusinfolahta TNI dalam sambutan pembukaan dan menutupan kegiatan adalah agar semua peserta dapat mengimplementasikan ilmu yang diperolehnya untuk peningkatan kualitas pengelolaan jaringan di lingkungan satuan masing-masing.