Diklat Teknis Pemrograman Android di Pusdiklat BPS

Diklat Teknis Pemrograman Android di Pusdiklat BPS – sebagai unsur pelaksana Badan Pusat Statistik (BPS) di bidang pendidikan dan pelatihan bekerja sama dengan NF COMPUTER menyelenggarakan pendidikan dan pelatihan (diklat) teknis pemrograman Android selama 10, dari tanggal 18 hingga 28 April 2016 di Pusdiklat BPS, Jl. Raya Jagarkarsa 70 Lenteng Agung, Jakarta Selatan.

Diklat Teknis Pemrograman Android di Pusdiklat BPS

Peserta diklat teknis pemrograman Android tahun 2016 ini berasal dari PNS di lingkungan BPS yang bekerja di unit kerja seluruh propinsi di Indonesia. Dari total 50 peserta, 33 peserta mewakili setiap BPS propinsi mulai dari Aceh hingga Papua, 5 peserta dari Direktorat Sistem Informasi Statistik (SIS), 5 peserta dari Direktorat Diseminasi Statistik, 4 peserta dari Sekolah Tinggi Ilmu Statistik (STIS), dan 3 peserta dari staf Pusdiklat BPS.

Peserta pelatihan Diklat Teknis Pemrograman Android di Pusdiklat BPS ini dibagi dalam 2 kelas lab komputer yang dibimbing 3 orang pengajar. Kelas lab 1 dibimbing pengajar Sirojul Munir S.Si,M.Kom, yang merupakan dosen senior di matakuliah pemrograman dan database, dengan asisten Danil Syahrizal dan Rizkiyandi. Kelas lab 2 dibimbing pengajar Hilmi Abidzar Tawakal S.T,M.Kom, dosen lulusan Program Magister Ilmu Komputer Universitas Indonesia (UI), dengan asisten Yusron Junaedi dan Dede Hamzah.

Dalam 10 hari peserta belajar membuat program aplikasi Android dengan pemrograman Android berbasis native dan Hybrid. Materi yang diajarkan adalah Fundamental Android UI Design (Theming), Android UI Fundamental, Introducing Fragments, Android Widget Toolbox, Maps, Geocoding, Location Based Service, Graphic and Tabular Data dan implementasi Web Services. Setiap kelas dibagi menjad 5 kelompok untuk mengerjakan proyekl membuat aplikasi Android yang berhubungan dengan sensus penduduk. Pada sesi akhir diklat setiap kelompok mempresentasikan proyeknya di hadapan pejabat BPS yang ditunjuk.  (SM)