Dialog Tokoh di PeTIK – Lazis PLN

Tidak bisa dipungkiri bahwa database menjadi salah satu kebutuhan penting dari berbagai macam bidang usaha, baik kecil – menengah – sampai enterprise. Apa fungsi database? Database digunakan untuk menyimpan data. Perkembangan tekhnologi yang semakin canggih mengubah paradigma dari sebuah istilah database. Database tidak hanya berfungsi untuk menyimpan data namun lebih dari itu. Dengan di kombinasikan dengan bahasa pemograman maka fungsi database menjadi sangat penting karena keduanya saling membutuhkan. Ada banyak database yang terkenal saat ini yaitu MySQl, Oracle, PostgreSQL, SQL Server dan lain sebagainya. MySQL dan PostgreSQL bisa didapatkan secara mudah melalui download di internet, namun beda dengan Oracle dan SQL Server mereka berlisensi
Begitu pentingnya database di sebuah perusahaan baik skala kecil maupun besar, maka memiliki SDM yang menguasai salah satu atau lebih database menjadi penting. Dan biasanya SDM yang menghandle database di sebuah perusahaan adalah aset penting yang perlu dijaga, kenapa? Karena semua data perusahaan mereka ketahui, maka posisi seorang database administrator punya kedudukan yang sangat istimewa dan penting.
Rekrutment tenaga database administrator pun tidak sembarangan karena selain penguasaan terhadap database itu sendiri mereka juga harus memiliki integritas dan kejujuran serta amanah. Bayangkan jika posisi ini dipegang oleh orang-orang yang tidak memiliki integritas yang tinggi, maka sangat berbahaya. Contoh misal seorang database administrator di sebuah Bank, kalau tidak memiliki integritas maka bisa aja komah dibelakang angka di hilangkan. Kecil memang tapi kalau ribuan nasabah bakalan luar biasa jumlahnya.
Selain itu MEA yang sebentar lagi diberlakukan menjadi konsen manajemen petik dan mitra NF Computer STT-NF dalam menyiapkan lulusan santri IT yang berkualitas dan berakhlak mulia. Tenaga IT lulusan Petik akan bersaing dengan tenaga IT dari luar negri khususnya ASEAN. Kalau tidak dipersiapkan dari sekarang maka bakalan kalah skill dengan tenaga IT dari luar. Oh ya dari tadi belum kita jelaskan apa itu MEA, baiklah MEA adalah bentuk integrasi ekonomi ASEAN dalam artian adanya system perdagaangan bebas antara Negara-negara ASEAN. Indonesia dan sembilan negara anggota ASEAN lainnya telah menyepakati perjanjian Masyarakat Ekonomi ASEAN (MEA) atau ASEAN Economic Community (AEC).
Berlatar belakang hal tersebut diatas maka lulusan santri petik diharapkan memiliki kemampuan ilmu IT yang mumpuni dan terkini namun berakhlak mulia alias memiliki integritas yang tinggi. Dalam rangka meningkatkan skill IT santri maka pihak pengelola pesantren TIK bekerjasama dengan LPPM Sekolah Tinggi Teknologi Terpadu Nurul Fikri mengadakan pelatihan Database Oracle untuk santri dengan tema “Design dan Pengelolaan Database”.
Dilaksanakan di Gedung Pintar PLN pada hari Jumat tanggal 23 Oktober 2015 Jam 08.00 – 11.30, acara pelatihan database oracle untuk santri terlaksana. Dihadiri oleh seluruh santri yang berjumlah 18 orang ditambah beberapa perwakilan manajemen Petik pak Wisak dan Pak Iqbal, serta dari STT-NF hadir Pak Sirojul Munir, S.Si, M.Kom sebagai pembicara, Pak Catur perwakilan dari LPPM dan Pak Muslimin Perwakilan dari NF Computer STT-NF.
Alhamdulilah acara berjalan lancar dan seluruh santri antusias mengikuti kegiatan ini, dan terlihat mereka serius mempraktekan apa yang diajarkan pada hari itu. Harapannya dengan pelatihan ini para santri makin terbuka wawasannya dan jadi bekal nanti ketika terjun di dunia kerja. Peluang IT terutama database sangat besar jadi mereka harus seius belajar dan terus mengembangkan skill IT dengan teknologi-teknologi terbaru saat ini. Dengan begitu mereka akan mampu bersaing dengan lulusan kampus. Namun ada nilai plus yang mereka miliki yaitu nilai integritas yang sudah dibangun ketika mereka berada di pesantren.