Desain Kreatif untuk Promosi Kesehatan – Dinas Kesehatan Kota Depok

Desain Kreatif untuk Promosi Kesehatan – Dinas Kesehatan Kota Depok Bagian Promosi Kesehatan (Promkes) Dinas Kesehatan Kota Depok secara rutin melakukan sharing informasi kepada masyarakat sekitar melalui berbagai media informasi. Agar setiap informasi dapat tersampaikan dan dipahami oleh masyarakat, maka para pegawai Promkes perlu belajar desain grafis. Untuk itu Dinas Kesehatan Kota Depok melakukan kerja sama dengan NF Computer dalam meningkatkan kompetensi para pegawainya di bidang penguasaan keterampilan desain grafis.

Image result for Desain Kreatif untuk Promosi Kesehatan - Dinas Kesehatan Kota Depok

Sebagai target pembelajaran, diharapkan setiap pegawai Promkes memiliki kecakapan dalam membuat berbagai desain menggunakan komputer. Paling tidak setiap peserta pelatihan memahami apa saja yang dapat dilakukan oleh software desain grafis seperti CorelDRAW dan Adobe Photoshop.

Pada hari Senin 18 April 2016 Dinas Kesehatan Kota Depok menugaskan delapan belas pegawainya di bidang Promkes untuk mengikuti training desain grafis di NF Computer. Para peserta yang dipimpin oleh Ibu Anne Sudiar sebagai koordinator kegiatan ini hadir selama 4 hari dari tanggal 18 hingga 21 April 2016 ke tempat training di Kampus A Jalan Margonda Raya No. 522 Depok.

Dua hari pertama Desain Kreatif untuk Promosi Kesehatan – Dinas Kesehatan Kota Depok, para peserta diajak untuk mempelajari berbagai tool (kakas) dan fasilitas yang terdapat pada program aplikasi Adobe Photoshop untuk mengolah gambar bitmap atau foto. Target utama yang diharapkan dikuasai peserta setelah mengikuti materi ini adalah:

  • Mengetahui dan memahami fungsi tool dan fasilitas yang terdapat pada Photoshop.
  • Mengatur tata letak obyek gambar dengan baik.
  • Menentukan efek gambar sehingga menjadi lebih menarik dan sesuai dengan kebutuhan.
  • Membuat berbagai hasil karya publikasi seperti poster, baliho dan brosur atau pamflet.

Pada dua hari terakhir, untuk melengkapi keterampilan desain grafis, para peserta training diberi pembekalan berupa teknik menggambar menggunakan aplikasi CorelDRAW. Target utama yang diharapkan dapat dicapai peserta setelah mendapatkan materi ini adalah:

  • Mengetahui dan memahami berbagai fungsi tool dan fasilitas yang terdapat pada photoshop.
  • Mengharmonisasikan bentuk dan warna stroke dan fill menjadi suatu obyek gambar yang utuh dan menarik.
  • Membuat berbagai bentuk gambar seperti logo, motif, simbol, wallpaper, dan karakter tertentu sesuai dengan tema.

Dari poster-poster yang dibuat oleh para peserta training pada hari terakhir, tergambar bahwa setiap peserta berhasil menyerap materi yang disampaikan. Semua poster yang ditugaskan dapat dikerjakan, dengan tema yang berbeda-beda sesuai dengan ide masing-masing peserta. Ibu Anne menyatakan kepuasannya setelah mengikuti training di NF Computer dan tertarik untuk mengikuti training lainnya di masa yang akan datang.  (NK)